ANALISIS TINGKAT CUSTOMER VALUE PADA PT. TELEKOMUNIKASI SELULAR BANJARMASIN (Studi Pada Mahasiswa S1 Reguler Fakultas Ekonomi

Dewasa ini pemasaran telah menyentuh keseharian kita semua. Pemasaran dengan sistem dan aktivitasnya mampu mendekatkan kita dengan produk dan nama-nama merek perusahaan. Saat ini aspek pemasaran tidak hanya memandang pada fungsi produk saja, namun lebih fokus pada bagaimana memuaskan konsumen dan mempertahankannya. Produk yang sukses selalu memiliki kinerja yang baik dan dapat memenuhi harapan konsumen.
Sejalan dengan kemajuan serta perubahan teknologi, peran informasi semakin penting, masyarakat menuntut kemudahan di segala bidang yang mampu menunjang aktivitas mereka salah satunya dalam komunikasi. Untuk menjawab kebutuhan ini, dibutuhkan suatu perangkat yang dapat melakukan transfer informasi secara cepat, kapan saja dan di mana saja, telepon seluler atau yang biasa kita kenal dengan ponsel adalah salah satu piranti telekomunikasi yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam berkomunikasi secara bergerak (mobile).
Salah satu penyedia jasa telekomunikasi terkemuka yang ada di Indonesia yaitu Telkomsel, perusahaan ini merupakan pelopor penyedia saluran telekomunikasi, sehingga konsumen sudah sangat familiar dengan mereka, dan boleh jadi konsumen memberikan Customer Value yang tinggi di perusahaan ini berdasarkan jumlah pelanggan yang yang mengunakan produk-produk perusahaan ini.
Sehingga sangat menarik untuk diketahui bagaimana penilaian pelanggan (Customer Value) pada Telkomsel serta penilaian yang paling Signifikan sehingga pelanggan bersedia menjadikan Telkomsel sebagai penyedia jaringan telekomunikasi.

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Dewasa ini pemasaran telah menyentuh keseharian kita semua. Pemasaran dengan sistem dan aktivitasnya mampu mendekatkan kita dengan produk dan nama-nama merek perusahaan. Saat ini aspek pemasaran tidak hanya memandang pada fungsi produk saja, namun lebih fokus pada bagaimana memuaskan konsumen dan mempertahankannya. Produk yang sukses selalu memiliki kinerja yang baik dan dapat memenuhi harapan konsumen.
Sejalan dengan kemajuan serta perubahan teknologi, peran informasi semakin penting, masyarakat menuntut kemudahan di segala bidang yang mampu menunjang aktivitas mereka salah satunya dalam komunikasi. Untuk menjawab kebutuhan ini, dibutuhkan suatu perangkat yang dapat melakukan transfer informasi secara cepat, kapan saja dan di mana saja, telepon seluler atau yang biasa kita kenal dengan ponsel adalah salah satu piranti telekomunikasi yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam berkomunikasi secara bergerak (mobile).

Salah satu penyedia jasa telekomunikasi terkemuka yang ada di Indonesia yaitu Telkomsel, perusahaan ini merupakan pelopor penyedia saluran telekomunikasi, sehingga konsumen sudah sangat familiar dengan mereka, dan boleh jadi konsumen memberikan Customer Value yang tinggi di perusahaan ini berdasarkan jumlah pelanggan yang yang mengunakan produk-produk perusahaan ini.
Sehingga sangat menarik untuk diketahui bagaimana penilaian pelanggan (Customer Value) pada Telkomsel serta penilaian yang paling Signifikan sehingga pelanggan bersedia menjadikan Telkomsel sebagai penyedia jaringan telekomunikasi.

1.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan, maka permasalahannya dapat dirumuskan sebagai berikut:
a. Bagaimanakah persepsi Customer Value PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) di Banjarmasin
b. Berpa besar Customer Value PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dinilai oleh pelanggan di Banjarmasin.
1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:
a. Untuk mengetahui Bagaimanakah persepsi konsumen Banjarmasin tentang Customer Value pada PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel)
b. Untuk mengetahui berapa besar Customer Value PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dinilai oleh pelanggan di Banjarmasin.
1.4. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah:
1. Manfaat akademis, Sebagai pembelajaran bagi penulis terhadap mata kuliah yang berkaitan dengan penelitian ini serta menambah wawasan dan pengalaman serta sebagai acuan bagi para peneliti dimasa yang akan datang.
2. Sebagai bahan pertimbangan bagi manajer pemasaran dan manajemen perusahaan agar dapat menentukan strategi yang tepat untuk meningkatkan Customer Value.


EmoticonEmoticon