PENGARUH IDENTITAS MEREK TERHADAP CITRA MEREK KARTU GSM PRABAYAR IM3 INDOSAT

Jumlah halaman: 91 hlm + Lampiran
Skripsi tahun: 2007 ABSTRAK
Penulis mengangkat pokok permasalahan yaitu :
1.Bagaimana pengaruh identitas merek terhadap citra merek kartu gsm prabayar IM3 Indosat?
2.Dimensi dari identitas merek yang sangat berpengaruh terhadap citra merek kartu gsm prabayar IM3 Indosat?
Menurut champion jumlah minimal responden untuk penelitian adalah 30 orang, namun banyak peneliti yang menetapkan jumlah sampel minimal sebanyak 100 orang. Akan tetapi  jumlah sampel ini dapat berubah setelah melakukan pretest terhadap instrumen penelitian. Sedangkan  jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 80 responden mahasiswa FISIP UI Depok pengguna kartu gsm prabayar IM3 Indosat.
Dapat disimpulkan dari hasil penelitian bahwa: terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas (identitas merek) terhadap variabel terikat (citra merek) kartu gsm prabayar IM3 Indosat yaitu sebesar 73,6% (Angka R Square).
Dari perhitungan Multiple regression didapat model regresi sebagai berikut:
    Y = 1,68E-016 + 0.355X + 0.220X2 + 0.380X3 – 0.052X4
Penelitian yang dilakukan secara bersama-sama antara pengaruh dimensi reputation, performance, personality  dan relationship terhadap citra merek, didapat hasil bahwa hanya dimensi reputation dan performance yang berpengaruh secara bersama-sama terhadap citra merek IM3. Sedangkan untuk dimensi  personality dan relationship terbukti tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel citra merek. Hal ini disebabkan karena IM3 Indosat lebih mengarah kepada peningkatan reputasi dan pemberian niai tambah berupa kualitas/ kinerja produk melalui inovasi dan teknologi sehingga fitur yang ditawarkan lebih menarik dan unggul dibandingkan produk lain.
Dari penelitian yang dilakukan secara terpisah dari keempat dimensi pada variabel  identitas merek, terbukti dimensi reputation, personality, performance dan relationship  berpengaruh signifikan terhadap citra merek IM3 Indosat. Dari ke empat dimensi tersebut, dimensi personality yang berpengaruh lebih besar terhadap citra merek IM3 Indosat, yaitu sebesar 64%. Hal ini disebabkan karena IM3 dalam mengembangkan identitas mereknya memiliki unsur extended identity yang memberikan gambaran atau cerminan mengenai merek IM3 berada, seperti slogan “No Limits” yang sesuai dengan IM3, logo, karakter dan personality yang dimiliki IM3 telah sesuai untuk kawula muda sebagai target marketnya.


EmoticonEmoticon