Tips Atasi Sakit Kepala Karena Stres

Banyak orang yang sering mengalami sakit kepala karena stress. Sejumlah cara nonmedis dapat membantu meringankan keparahan dan frekuensi serangan sakit kepala. Coba saja hal-hal berikut ini. Pertama, mandi air hangat. Mandi air hangat dan istirahat mungkin yang anda butuhkan ketika sakit kepala mendera gara-gara stres. Tambahkan garam kristal jika ada, hasilnya akan lebih baik untuk menyegarkan tubuh kembali.

Kedua, lakukan gaya hidup sehat. Kebiasaan hidup sehat membantu mencegah datangnya sakit kepala. Pola hidup sehat ini meliputi makan sehat dengan gizi seimbang tentunya, lalu tidur teratur dan hindari asupan kafein berlebihan. Jangan lupa olahraga teratur seperti jalan kaki, berenang dan bersepeda.


Hal ketiga itu adalah manajemen stres. Satu cara mengurangi stres adalah dengan melakukan perencanaan matang dan mengatur waktu dengan bijaksana. Cara lain adalah dengan menyediakan waktu untuk rileks. Lakukan latihan bernapas dalam (menarik napas panjang dan menbuangnya perlahan-lahan).


Hal keempat, rileksasi otot. Otot yang tegang sering jadi penyebab sakit kepala. Kompres otot yang tegang dengan air hangat atau es, sesuai selera. Bungkus es ke dalam handuk sebelum ditempelkan ke tubuh. Jika kompres hangat jadi pilihan Anda, gunakan botol berisi air panas atau handuk panas. Anda juga bisa dipijat untuk mengurangi ketegangan otot.


Hal terakhir adalah bermain dengan binatang kesayangan. Binatang piaraan seperti anjing atau kucing dapat menjadi teman yang sangat baik dalam keadaan susah dan senang. Jika Anda sepulang kerja sakit kepala akibat stres, bermainlah dengan mereka. Menatap matanya sambil mengelus-elus dan memasukkan jemari diantara bulu-bulunya, membuat Anda lupa bahwa tadi sempat sakit kepala.


EmoticonEmoticon