Tips Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat Secara Alami

Jerawat adalah salah satu hal yang paling dibenci khususnya oleh kaum remaja. Di masa-masa puber inilah jerawat biasanya akan timbul, entah itu di pipi, dahi, hidung, atau bahkan menyebar ke seluruh wajah ataupun dada dan punggung hehe… Bete, kesal, minder (kurang percaya diri), dan lain-lain reaksi akan kita rasakan. Yang jelas gak enak banget, khan kalau ada jerawat yang menghuni wajah kita yang merupakan salah satu aset berharga :o .. Karena itulah, aku menulis artikel dengan judul cara menghilangkan jerawat ini, semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat.
Untuk menghilangkan jerawat ada banyak cara yang bisa kita lakukan, mau pakai cara alami atau pakai obat-obatan ? Kalau saya sendiri sih lebih suka yang alami. Selain murah, lebih aman tanpa efek samping, dan banyak alasan lainnya. Berikut ini saya akan share beberapa cara alami menghilangkan jerawat.

Tips cara menghilangkan jerawat dan cara menghilangkan bekas jerawat secara alami

1. Yang terpenting dan wajib kita lakukan agar terbebas dari yang namanya jerawat adalah selalu rajin membersihkan muka terutama untuk kulit berminyak, apalagi sehabis melakukan aktifitas di luar ruangan. Biasanya debu yang mengandung kotoran akan hinggap ke wajah. Bersihkan dengan kain atau handuk yang bersih setelah cuci muka, karena bakteri suka dengan tempat yang lembab dan hangat. Jangan pakai tangan telanjang, karena sama juga bohong kalau memakai tangan :D .
2. Hindari / minimalkan mengkonsumsi makanan yang mengandung gula (sugar), coklat (chocolate), dan kacang dan juga makanan pedas, berminyak serta makanan berlemak. Makanan-makanan seperti itu akan mengganggu peredaran darah pada tubuh, jadi proses detoxitasi tidak bisa berjalan dengan lancar. Usakan rajin mengkonsumsi sayuran dan buah. Daun kemangi dan daun peterseli (parsley) dipercaya juga bisa mengobati jerawat dari dalam tubuh. Untuk buah, bisa mengkonsumsi apel karena mengandung antioksidan.
3. Rajin berolahraga. Karena dengan berolahraga, panas tubuh akan membuka pori-pori wajah dan mengeluarkan kotorannya. Penjelasannya begini, saat kita olahraga maka peredaran darah kita akan lancar dan proses detoxitasi akan berjalan teratur, jadi darah-darah kotor yang ada di dalam tubuh bisa terbuang.
4. Minum air putih (air mineral) secukupnya.
Kalau bisa, penuhi anjuran para dokter dengan konsumsi air mineral 8 gelas perhari. Karena menurut sebuah sumber yang dapat dipercaya, dengan berolahraga dan minum air putih secara teratur membuat jerawat enggan muncul. Tentunya dibarengi dengan melakukan poin no.1 yaitu memelihara kebersihan wajah dan tubuh. :D
5. Hindari stress.
Menurut banyak sumber yang saya baca, salah satu pemicu jerawat adalah akibat stress. Jadi kalau kamu ingin menghilangkan jerawat atau mencegahnya agar tidak muncul, sebisa mungkin hindari stress. Enjoy aja lagi, nikmati hidup !
6. Memakai masker dari pepaya
Coba buat masker pepaya untuk menghilangkan jerawat secara alami. Caranya, Pepaya yang sudah matang dihaluskan (bisa ditambahkan jeruk nipis), dan pakailah untuk maskeran. Diamkan sampai kering. Kemudian bersihkan dengan air hangat. Lebih baik dilakukan menjelang tidur. Masker pepaya, selain bisa menghilangkan jerawat secara alami, juga mempunyai khasiat menghilangkan komedo dan mencegah wajah kusam. Sebenarnya masih banyak komposisi masker alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Misalnya masker tomat dan mentimun, caranya buah tomat atau timun, dipotong tipis-tipis, kemudian diamkan di kulit sekitar 10-15 menit.
7. Jangan pernah memencet jerawat
Bukan malah sembuh, tapi malah bisa menyebabkan noda-noda hitam dan bopeng pada wajah.
8. Dan lain-lain, mungkin ada yang mau menambahkan tips menghilangkan jerawat secara alami di sini, silahkan meninggalkan tipsnya di kolom komentar agar bisa dibaca yang lain. Terima kasih ! :D
Semoga tips cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat di atas bisa bermanfaat bagi semuanya. Terima kasih atas kunjungannya ke blog It’s my story untuk sekedar baca-baca tips terbaru. :D


EmoticonEmoticon