Pengaruh Bauran Promosi Dalam Meningkatkan Tingkat Okupansi Hotel Santika

Pengaruh Bauran Promosi Dalam Meningkatkan Tingkat Okupansi Hotel Santika
Malang”
Penelitian ini dilakukan pada tanggal 10 November 2005 – 8 Desember 2005. Obyek penelitian adalah Hotel Santika Malang, dengan pertimbangan bahwa sebagai pendatang baru dalam industri perhotelan di Malang, Hotel Santika harus menggunakan program pemasaran yang efektif dalam usahanya melakukan ekspansi pasar. Perkembangan industri perhotelan yang pesat menciptakan persaingan yang semakin ketat dan berat, terutama bagi pendatang baru. Karena itu diperlukan strategi pemasaran yang efektif guna meningkatkan pendapatan hotel. Penulis tertarik untuk mencermati strategi pemasaran yang digunakan oleh pendatang baru dalam bisnis hotel di Malang, yaitu Hotel Santika dalam usahanya meningkatkan tingkat okupansi hotel.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel bauran promosi secara simultan dan parsial terhadap tingkat okupansi pada Hotel Santika Malang. Teori-teori yang dipergunakan antara lain meliputi : pengertian pemasaran, bauran pemasaran, pengertian promosi, promosi sebagai sistem komunikasi pemasaran, bauran promosi, pengertian advertising, manfaat advertising, tujuan advertising, jenis advertising, macam-macam media advertising, kebaikan dan keburukan media advertising, pengertian jasa, karakteristik jasa, macam-macam jasa, pengertian hotel, jenis hotel, departemen-departemen dalam hotel, klasifikasi hotel, dan tinjauan tentang tingkat hunian kamar hotel (room occupancy rate).
Jenis penelitian yang dilakukan adalah causal comparative research, yaitu tipe penelitian dengan karakteristik masalah berupa hubungan sebab akibat antara dua variabel atau lebih. Pada penelitian ini akan diidentifikasi suatu fakta sebagai variabel yang dipengaruhi dan melakukakan penyelidikan terhadap fakta-fakta yang mempengaruhi. Dalam hal ini, variabel terikatnya adalah pendapatan tingkat okupansi hotel, dinyatakan dalam rupiah, sedangkan variabel bebas yang mempengaruhi variabel terikat meliputi biaya periklanan, biaya promosi penjualan, biaya publisitas, biaya penjualan pribadi dan biaya pemasaran langsung, semuanya dinyatakan dalam rupiah. Untuk mencapai mengetahui adanya pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat digunakan alat analisis regresi berganda. Dari hasil analisis regresi berganda dapat diketahui besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Sedangkan untuk mengetahui variabel bebas yang mempunyai pengaruh dominan terhadap variabel terikat digunakan alat analisis regresi parsial.
Hasil penting dari penelitian ini adalah ditunjukkan oleh pengaruh signifikan variabel-variabel biaya bauran promosi terhadap tingkat hunian kamar. Di mana jika variabel biaya-biaya bauran promosi tersebut meningkat maka tingkat hunian kamar akan meningkat juga seiring peningkatan biaya-biaya bauran promosi. Hal ini perlu dicermati agar perusahaan dapat merumuskan bauran promosi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, kemampuan serta keadaan yang dihadapi.
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Sektor pariwisata merupakan usaha yang pada umumnya sangat menjanjikan dalam meraih devisa negara. Hal ini perlu mendapatkan perhatian khusus sebagai peluang bisnis dalam perekonomian Indonesia selain faktor-faktor yang lain seperti pendayagunaan industri kecil dan menengah dalam mendongkrak perekonomian nasional yang terpuruk akibat krisis moneter. Kesadaran akan perlunya penanganan yang lebih serius terhadap bidang ini telah melahirkan beberapa kebijakan sebagai langkah pengembangannya.
Maka dari itu pemasaran pariwisata akan menjadi konsep penting yang harus dipegang dan dilaksanakan dalam membina, mempertahankan serta memupuk pertumbuhan yang diharapkan dalam bidang pariwisata sebagai program utama pengembangan daerah wisata khususnya di Propinsi Jawa Timur.
Salah satu komponen industri pariwisata yang besar peranannya di Indonesia adalah usaha perhotelan. Dilihat dari fungsi utamanya, produk utama yang dijual oleh usaha perhotelan adalah sewa kamar atau jasa penginapan. Sejalan dengan perkembangan tersebut maka kalau sebelumnya produk atau jasa utama sebuah hotel yang menjadi kebutuhan utama wisatawan adalah kamar atau penginapan sekarang sudah mengalami perkembangan. Konsumen mengharapkan sesuatu yang bukan hanya sekedar kamar menginap, namun mereka lebih mengharapkan hal lain seperti pelayanan, kondisi lingkungan yang menyenangkan, sopan santun dan rasa hormat dari seluruh karyawannya.
Salah satu sarana penting dalam dunia pariwisata khususnya untuk memenuhi kebutuhan orang yang bepergian lebih dari sehari adalah hotel. Pengertian hotel menurut Hotel Proprietors Act dalam Sulastiyono (2004: 5) adalah suatu perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan, minuman dan fasilitas kamar untuk tidur kepada orang-orang yang sedang melakukan perjalanan dan mampu membayar dengan jumlah yang wajar sesuai dengan pelayanan yang diterima tanpa adanya perjanjian khusus. Di daerah Malang Raya yang punya banyak obyek wisata, terdapat banyak hotel, baik jenis Transient Hotel, yaitu hotel yang lokasinya di tengah kota, maupun Resort Hotel, yang pada umumnya berlokasi di dekat tempat wisata. Hotel sebagai industri yang bergerak di bidang jasa tentu akan berhadapan langsung dengan konsumen yang beraneka ragam adat-istiadat, bahasa serta sifatnya, yang semuanya perlu diterima dan dilayani dengan baik.
Perkembangan hotel modern (dibangun dan dikelola dengan menggunakan konsep-konsep manajemen hotel modern) di Indonesia diawali dengan dibukanya Hotel Indonesia tahun 1962. Walaupun demikian pada jaman penjajahan Belanda sudah terdapat usaha akomodasi yang dikelola secara komersial, walaupun pada waktu itu belum dikelola secara modern, sebagai contohnya adalah Hotel Savoy Homan Bandung yang dibangun pada tahun 1888, hotel Preanger dibangun tahun 1897, Hotel Mij De Boer di Medan yang didirikan pada tahun 1898, Grand Hotel de Djokya berlokasi di Jalan Malioboro yang didirikan tahun 1908.
Dari beberapa uraian di atas dapat diketahui bahwa pengelolaan usaha akomodasi termasuk hotel secara komersial di Indonesia sudah dimulai dari sejak zaman Belanda, walaupun pada waktu itu cara pengelolaannya masih menggunakan konsep pengelolaan penginapan dan belum menggunakan konsep pengelolaan hotel seperti saat ini. Sedangkan setelah kemerdekaan Republik Indonesia, para pengusaha nasional yang bergerak di bidang perhotelan semakin hari memperbaiki kinerjanya dengan menerapkan sistem yang lebih modern
Dengan permasalahan dan keadaan yang ada, hotel perlu merencanakan dan menyusun suatu strategi pemasaran yang dapat digunakan dalam menjaga kelangsungan hidup bisnisnya. Perkembangan industri perhotelan yang pesat menciptakan persaingan yang semakin ketat dan berat, terutama bagi pendatang baru. Karena itu diperlukan strategi pemasaran yang efektif guna meningkatkan pendapatan hotel. Penulis tertarik untuk mencermati strategi pemasaran yang digunakan oleh pendatang baru dalam bisnis hotel di Malang, yaitu Hotel Santika dalam usahanya meningkatkan tingkat okupansi hotel.
Alasan pemilihan lokasi penelitian tersebut di atas antara lain karena Hotel Santika Malang merupakan hotel berbintang empat terbaru di Malang, yaitu salah satu cabang dari Hotel Santika Indonesia yang merupakan anak perusahaan dari Kelompok Kompas Gramedia. Dari segi kualitas jasa dan fasilitas hotel tidak perlu diragukan lagi karena Hotel Santika Malang adalah hotel dengan klasifikasi bintang empat. Sebagai hotel berbintang empat, Hotel Santika Malang mempunyai suatu standar performansi dan prosedur operasi yang dilaksanakan secara ketat. Pelaksanaan prosedur operasi antara lain meliputi prosedur penerimaan pesanan melalui telepon, prosedur penangan keluhan pelanggan, prosedur penerimaan tamu individu maupun korporat; standar penyajian makanan, baik di restoran hotel maupun layanan kamar, standar performansi karyawan hotel, dan lain-lain. Pelaksanaannya dikontrol secara ketat oleh departemen HRD dan juga diawasi secara langsung oleh general manager. Audit mengenai pelaksanaan prosedur operasi dan standar performansi juga dilakukan oleh induk perusahaan, PT Grahawita Santika. Demikian juga dari segi-segi bauran pemasaran lain seperti process dan physical evidence, sudah dianggap terstandarisasi melalui proses audit yang dilaksanakan oleh induk perusahaan dan tidak perlu dibahas lebih jauh, sehingga penulis hanya akan berkonsentrasi pada variabel-variabel bauran promosi yang dilaksanakan oleh Hotel Santika Malang tersebut.
Dalam penelitian ini, penulis berusaha mengkaji dan mengukur pengaruh dari kegiatan bauran promosi terhadap tingkat okupansi kamar hotel. Dengan mengetahui besarnya pengaruh tersebut, maka perusahaan akan lebih mudah merumuskan bauran promosi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, kemampuan serta keadaan yang dihadapi. Hasil penelitian akan disajikan dalam bentuk skripsi.
Berdasarkan uraian di atas, penulis memilih judul skripsi: “Pengaruh Bauran Promosi Dalam Meningkatkan Tingkat Okupansi Hotel Santika Malang”.
1.2 Perumusan Masalah
Pertumbuhan pariwisata menyebabkan semakin ketatnya persaingan diantara para pelaku bisnis yang bergerak di bidang pariwisata, terutama yang berhubungan dengan penyediaan akomodasi berupa hotel. Ketatnya persaingan ini terutama akan dirasakan oleh pendatang baru yang mencoba ikut bermain dalam bisnis perhotelan. Dalam hal ini pengelola hotel dituntut untuk bisa menghadapi persaingan dengan merumuskan suatu kebijakan yang tepat untuk mencapai target yang ditetapkan. Berdasar latar belakang dan uraian yang telah dikemukakan, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:
1 Apakah variabel-variabel bauran promosi secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap tingkat okupansi pada Hotel Santika Malang?
2 Variabel bauran promosi yang manakah yang berpengaruh paling dominan terhadap tingkat okupansi pada Hotel Santika Malang?













Pencarian hari ini:
media bauran promosi - bisnis perhotelan pemasaran - contoh skripsi pariwisata - jurnal tingkat hunian kamar - jurnal hotel - jurnal pariwisata malang - pengaruh pemasaran dalam perekonomian - pengertian hotel - latar belakang hotel - promosi di advertising - pengertian promosi - prosedur audit manajemen terhadap fungsi pemasaran - pengertian promosi secara umum - skripsi promosi media iklan - bauran promosi - pengertian bauran promosi - judul skripsi pariwisata - contoh jurnal skripsi keuangan dalam bidang investasi - harga hotel santika malang - pegertian hotel - bauran pemasaran jasa promosi - apakah ada jurnal standar investasi di Sistem komersil? - contoh judul skripsi perhotelan - pengertian tentang promosi - bauran pemasaran pada hotel bandung pdf - pengertian biaya promosi - skripsi pengaruh promosi pemasaran untuk meningkatkan jumlah tamu di hotel - peranan bisnis dalam meningkatkan pesanan bisnis - sopan santun perhotelan - pengertian promosi karyawan - macam-macam variabel bauran pemasaran - pengertian kamar hotel - TEORI BAURAN PEMASARAN - PENGARUH BAURAN PROMOSI - pengertian-hotel - standar operasional prosedur hotel bintang 3 - perkembangan perhotelan di batam - Pemasaran Pariwisata Tahun 2000 - prosedur operasi standar pemasaran - pengaruh harga layanan dan fasilitas - pengertian bauran pemasaran dan karakteristik bauran pemasaran - pengaruh peningkatan bi rate - pengaruh industri terhadap pariwisata indonesia - pengertian penjualan telkomflexi classy - pengertian bauran pemasaran - perkembangan hotel di indonesia - jurnal pemasaranpromosi - pengertian promosi produk - jurnal promosi terhadap penjualan - promosi meningkatkan pemasaran - strategi pemasaran hotel - pengertian tingkat occupancy hotel - pengertian penginapan - pengertian iklan promosi kualitas dan harga - teori bauran pemasaran - analisis perkembangan industri pariwisata di indonesia - bauran pemasaran tentang promosi - Tinjauan Pustaka Efektivitas Pemungutan - contoh skripsi perhotelan - pengertian hotel malang - pengertianhotel malang - contoh skripsi bidang keuangan tentang analisis likuiditas - pengertian promosi atau iklan - cara meningkatkan occupancy hotel - bauran pemasaran promosi terhadap penjualan - Skripsi Upi keputusan pembelian - skripsi latar belakang penelitian hotel - judul skripsi advertising - jurnal manajemen pariwisata terbaru - jurnal promosi terhadap tingkat hunian - pengaruh promo iklan - teori-teori dasar perhotelan - sistem pemasaran hotel - jurnal tingkat hunian kamar pdf - Strategi pemasaran Jasa perhotelan - contoh skripsi tentang pemesanan kamar - bauran promosi pdf - bauran pemasaran;pdf - pengaruh manejemen media terhadaptingkat pemasaran media - pengertian komunikasi pemasaran - contoh bauran pemasaran - PERANAN IKLAN PROMOSI pdf - MANAJEMEN PEMASARAN HOTEL - penjualan jasa hotel bintang tiga di bangdung com - bauran pemasaran pada hotel - teori tingkat hunian kamar pdf - pengertian industri pariwisata - bauran pemasaran hotel - pengertian penjualan dalam ilmu ekonomi - PENGERTIAN PERHOTELAN PERHOTELAN - jurnal pariwisata - pengaruh biaya iklan terhadap tingkat penjualan - Mendongkrak Perekonomian Indonesia Melalui Pariwisata - perkembangan hotel terhadap wisatawan - peranan akutansi di bidang perhotelan - PENGERTIAN PERKEMBANGAN HOTEL - jurnal bauran - PERANAN AKUNTANSI DALAM JASA AKOMODASI WISATA - pengaruh perkembangan hotel terhadap jumlah wisatawan - download bauran promosi - kinerja sistem perhotelan - pengaruh kualitas jasa hotel terhadap tingkat hunian kamar - jurnal pemasaran hotel - pengaruh bauran promosi - strategi komunikasi pemasaran dan bauran promosi hotel - strategi pemasaran mengenai jasa hotel - bab 1 pengaruh promosi dalam peningkatan penjualan - macam-macam hotel - Pengertian strategi pemasaran - pengaruh biaya promosi terhadap penjualan - peranan akuntansi dalam bidang pariwisata - teori bauran promosi - jurnal manajemen pemasaran periklanan pdf - Pengertian restoran dan perhotelan - contoh skripsi komunukasi - promosi - pengaruh biaya promosi - jurnal promosi penjualan - konsep promosi dalam manajemen pemasaran - fasilitas hotel santika malang - jurnal pemasaran tentang harga kualitas dan promosi - pengertian iklan terhadap penjualan - departemen dalam perhotelan - komponen produk pariwisata jurnal - jurnal penelitian ttg hotel - departemen di hotel - teori promosi - peranan akuntansi manajemen perhotelan dan restoran - peranan akuntansi dalam pariwisata - jurnal manajemen pariwisata - jenis departement di hotel - peranan industri perhotelan dalam perekonomian - contoh jurnal pariwisata - pengertian hotel bintang - pengertian jasa dan karakteristik jasa - jasa perhotelan di bandung pdf - pengelolaan hotel - analisa biaya pemasaran hotel - pengertian biaya periklanan - peranan akuntansi dalam industri pariwisata - PEGERTIAN STRATEGI - Perkembangan hotel - standar prosedur pelayanan yang baik di hotel - pengertian media promosi perusahaan - macam-macam biaya pemasaran - contoh skripsi strategi promosi dalam ilmu komunikasi - Pengertian hotel - Pengaruh biaya promosi di hotel - komunikasi pemasaran jasa perhotelan - jurnal bauran promosi - peranan akuntansi dalam usaha akomodasi - bagaimana sistem pemasaran jasa pada perhotelan - judul skripsi tentang hotel - analisis strategi promosi dalam pengembangan obyek wisata medan - pengelolaan usaha pemasaran Hotel berbintang - strategi promosi hotel - teori hotel - macam-macam strategi pemasaran - Pengaruh bauran promosi terhadap peningkatan jumlah hunian kamar pada hotel - strategi pemasaran pariwisata - skripsi pengaruh promosi terhadap penjualan - promosi pdf - skripsi manajemen pemasaran pdf - perkembangan hotel indonesia - daftar isi skripsi tentang promosi iklan - apa peranan akuntansi dalam jasa akomodasi - pengertian biaya pemasaran - peranan akutansi dalam kegiatan usaha pariwisata - pengertian strategi bauran promosi - peranan akuntansi dalam usaha penginapan - peranan akuntansi di dalam usaha jasa akomodasi wisata - strategi dalam bisnis perhotelan - contoh skripsi marketing niaga - perkembangan hotel - pengertian sewa kamar - pengaruh akuntansi dalam bisnis - fasilitas hotel di malang - PENGERTIAN HOTEL - skripsi promosi terhadap penjualan - pengaruh perkembangan hotel terhadap dunia pariwisata - pengertian sarana komunikasi pemasaran - peranan akuntansi di dalam kegiatan akomodasi perhotelan - pengaruh faktor lingkungan faktor individu dan faktor komunikasi pemasaran terhadap keputusan pembelian suatu produk komunikasi - Contoh skripsi Promosi - jurnal peneltian pemasaran jasa pdf - skripsi pemasaran hotel - skripsi pengaruh iklan terhadap tingkat penjualan - pengertian BI Rate - peranan akutansi dalam akomodasi - jurnal skripsi tentang pengaruh promosi terhadap tingkat penjualan - jurmal pengaruh bauran pemasaran terhadap tingkat occupancy - pengertian efektivitas promosi - pengertian resort hotel - contoh jurnal manajemen pemasaran - pengertian standarisasi operasional prosedur - bauran promosi bentuk bentuk promosi - pengertian hotel berbintang - strategi penjualan kamar hotel - jurnal tentang pengaruh biaya promosi terhadap penjualan - h1 - pengaruh pariwisata dalam dunia ekonomi - contoh daftar isi skripsi akuntansi pada perusahaan advertising - jurnal manajemen pelayanan makanan - perkembangan industri perhotelan di Indonesia - pengertian strategi promosi bank - pengaruh biaya promosi terhadap biaya penjualan - pemasaran hotel - karakteristik jasa perhotelan - daftar pustaka pariwisata hotel - perana akutansi dalam pelayanan makanan dan minuman - pengaruh industri terhadap perekonomian indonesia - contoh skripsi tentang perhotelan - pengertian biaya promosi adalah - peranan sistem informasi dalam industri perhotelan - pengaruh bauran promosi terhadap tingkat occupancy hotel - jurnal manajemen pemasaran promosi - PERKEMBANGAN HOTEL - peranan akuntasi dalam usaha penginapan - PENGERTIAN PRODUK HOTEL - penulisan skripsi ta pariwisata bab - hotel berbintang di malang - permasalahan akuntansi dalam dunia perhotelan - Perkembangan Perhotelan - peranan akuntansi dalam kegiatan usaha jasa akomodasi wisata - peranan akuntansi dalam wisata - peranan akutansi dalam industri perhotelan - jurnal pemasaran type file : pdf - analisis pengaruh media komunikasi pemasaran terhadap - promosi dalam pemasaran - tingkat promosi hotel - komunikasi bisnis dalam bidang pemasaran - pengertian penjualan - skripsi - pengaruh tarif dan biaya promosi - tinjauan pustaka pengaruh promosi terhadap pembelian produk - promosi kesehatan tentang teori sebab akibat - strategi pemasaran dalam pariwisata perhotelan - macam-macam strategi promo - peranan akutansi dengan industri perhotelan - peranan akuntansi pada jasa akomodasi perhotelan - jurnal strategi promosi perusahaan - peranan akuntansi untuk kegiatan usaha pariwisata - jasa perhotelan - Pengertian penjualan - mengukur efektivitas promosi b2b - pengertian departemen pemasaran - pengertian pemasaran pariwisata - bauran pemasaran teori - peranan hotel dari segi bisnis - Macam-macam strategi pertumbuhan perusahaan - prosedur hotel - pengertian standarisasi - macam-macam cara pembayaran dalam penjualan - jurnal perhotelan pdf - pengertian pengaruh bauran pemasaran - faktor peningkatan penjualan - jurnal penelitian hotel - free download contoh skripsi pariwisata - jurnal promosi - contoh pemasaran objek wisata - pemasaran hotal santika - judul skripsi tentang periklanan - fungsi perhotelan dalam pariwisata - Jurnal Skripsi Pariwisata - contoh manajemen dalam suatu perhotelan - strategi pemasaran dan promosi produk hotel - permasalahan hrd di perhotelan - pengaruh iklan pariwisata terhadap devisa indonesia - Variabel promosi: pdf - pengertian bisnis dalam pemasaran - peranan fungsi pemasaran dalam meningkatkan kinerja perusahaan - standar hotel bintang 3 pdf - bauran promosi penjualan pdf - pengertian manajemen pariwisata - peran manajemen terhadap wisata - macam jenis hotel - pengertian pemasaran di tahun 2000 - daftar isi skripsi promosi - peranan akutansi dalam bisnis - PENELITIAN HOTEL BERBINTANG - teori promosi pariwisata - Perbedaan bauran pemasaran dan bauran promosi - persaingan hotel di bandung - pdf pengembangan akuntansi biaya di indonesia - Bauran Promosi - pengertian advertising - pengertian bauran - jurnal promosi bisnis - konsep dan teori tingkat kesadaran dari efek iklan - skripsi bauran pemasaran jasa - jurnal skripsi tentang promosi karyawan - judul skripsi perhotelan komunikasi - peranan manajemen strategi dalam bidang usaha - pengertian jasa perhotelan - pengertian biaya penjualan - analisis perhotelan - macam-macam variabel dalam penelitian - pengertian strategi promosi - pengaruh biaya promosi terhadap penjualan skripsi - pengaruh promosi pdf - sistim akutansi di perhotelan - akutansi bidang perhotelan - BIAYA PEMASARAN PERHOTELAN - biaya pemasaran dalam perhotelan - strategi promosi pada hotel - pengertian Iklan dalam bauran pemasaran - analisa bauran promosi dalam peningkatan penjualan - pengertian efektivitas - skripsi fungsi strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan - contoh skripsi komunikasi - jenis media komunikasi promosi kesehatan - pengertiaan informasi dalam pemasaran - peranan promo - BAURAN PROMOSI - jurnal perusahaan yang bergerak di bidang jasa - Pengaruh Promosi terhadap tingkat hunian kamar hotel - karyawan hotel pdf - promosi hotel dan pelayanan - macam-macam departemen hotel - pengaruh bauran promosi terhadap penjualan - jurnal skripsi pemsaran file pdf - pengertian produk manager - jurnal keputusan pembelian terhadap fasilitas - pengertian pemasaran produk - pengertian perhotelan - manajemen pemasaran hotel - skripsi akuntansi biaya tantang perhotelan - pengertian strategi Promosi - contoh skripsi periklanan - jurnal strategi promosi - latar belakang pariwisata hotel - biaya okupansi - jurnal pemasaran jasa - Teori Promosi Pemasaran - pengaruh promosi dalam usaha meningkatkan jumlah wisatawan - bagaimana meningkatkan tingkat huniankamar hotel - pengertian macam-macam pemasaran - bentuk-bentuk dan macam pemasaran - macam-macam pemasaran dan penjualan - pengaruh kualitas perhotelan - jenis hotel di dunia - pengertian promosi pemasaran - program promosi hotel pdf - jurnal manajemen pemasaran jasa - pengertian media promosi - contoh skripsi komunikasi advertising - pengaruh Harga - judul skripsi perhotelan budgeting - jurnal perusahaan bergerak di bidang jasa - pengertian promosi kesehatan - JASA PERHOTELAN DI JAKARTA - Analisis pemasaran hotel - judul skripsi perhotelan - prosedur operasional hotel - pengaruh advertising terhadap perusahaan -


EmoticonEmoticon