Pengaruh Produk-produk Merek Dagang Terhadap Pembeli

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada umumnya dalam menjalankan usahanya, kondisi industri rumah tangga, industri kecil dan menengah di Indonesia ini tengah menghadapi persaingan dari berbagai pihak. Tidak hanya dengan sesama industriawan yang mempunyai skala yang sama tetapi juga dengan pengusaha-pengusaha besar. Bahkan dengan diberlakukannya Association South East Asian Nation Free Trade Area (AFTA) pada awal tahun 2003 sebagai persiapan untuk menuju pada era pasar global pada tahun 2020 bagi Negara berkembang, tingkat persaingan yang mereka hadapi akan menjadi semakin berat dengan makin mudahnya produk-produk buatan Negara-negara asing untuk beredar di Indonesia. Karena konsekuensi bagi Negara-negara yang turut serta menandatangani kesepakatan tersebut, harus menghilangkan hambatan-hambatan perdagangan diantara mereka. Konkritnya hambatan non-tarif harus dihilangkan, serta tarif atau pajak impor yang terlalu tinggi harus diturunkan bahkan dihapus (Suwandi, dalam kompas 17 februari 2003).
Berdasarkan pendapat Lisk (dalam Tambunan 2002:44), perubahan dari proteksi ke liberalisasi yang cepat bisa mengakibatkan banyak Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang mengalami penurunan pangsa pasar. Hal ini terjadi karena produk mereka tidak mampu bersaing dengan barang-barang impor yang harganya relatif lebih murah dan kualitasnya lebih baik. Hal ini juga diramalkan akan menimpa UKM di banyak Negara berkembang lainnya. Dimana dampak negatifnya bisa berdampak pada pangsa pasar domestik maupun pasar ekspornya.
Menurut Firdausy (dalam Thoha, 1998:20) untuk menghadapi tantangan-tantangan yang dihadapi oleh Industri rumah tangga, industri kecil dan menengah tersebut, diperlukan adanya berbagai terobosan pasar baru, penetapan strategi pasar yang jitu, peningkatan kualitas produk, dan daya saing produk yang dihasilkan. Hal–hal tersebut dapat dirangkum dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk mencapai keunggulan bersaing, yang dirumuskan dengan menghubungkan perusahaan dengan lingkungannya. Walaupun lingkungan yang relevan sangat luas, meliputi kekuatan-kekuatan sosial sebagaimana kekuatan-kekuatan ekonomi, aspek utama dari lingkungan perusahaan adalah lingkungan industri dalam mana perusahaan tersebut bersaing (Porter, 1992:3)
Pada dasarnya persaingan dalam suatu industri tidak hanya disebabkan oleh adanya pesaing-pesaing yang ada, namun ada beberapa kekuatan lain yang turut membantu struktur persaingan. Kekuatan-kekuatan tersebut, yaitu ancaman pendatang baru, pesaing yang ada, adanya produk pengganti (substitution), besarnya kekuatan tawar-menawar pembeli dan kekuatan tawar-menawar pemasok. Sebagai contoh, suatu perusahaan dengan posisi pasar yang sangat kuat dalam industri dimana tidak ada ancaman pendatang baru akan mendapatkan laba yang rendah apabila berhadapan dengan produk pengganti yang lebih murah dan berkualitas. Contoh ekstrim dari intensitas persaingan adalah industri yang dinamakan industri persaingan sempurna, dimana pendatang baru dapat masuk dengan bebas, perusahaan yang ada tidak mempunyai daya tawar menawar yang baik terhadap pemasok dan pelanggan, serta persaingan menjadi tidak terkendali karena sejumlah besar perusahaan dan produk yang ada serupa (Porter, 1992:6). Lemahnya posisi perusahaan dalam lingkungan industrinya dapat menimbulkan kesulitan dalam memasarkan produk dengan harga dan kualitas yang sesuai, hal ini seperti yang dialami oleh industri kerajinan mebel di Pasuruan.
Kekuatan-kekuatan yang paling besar dalam persaingan industri akan menentukan serta menjadi sangat penting dari sudut pandang perumusan strategi (Porter,1992:6) hal tersebut pada akhirnya juga akan menentukan kegiatan yang perlu bagi suatu perusahaan untuk berprestasi, seperti inovasi, budaya yang kohesif atau implementasi strategi pemasaran yang baik. Akan tetapi, faktor-faktor persaingan tersebut dapat juga menjadi sumber kegagalan apabila perusahaan tidak berhasil mengatasi kekuatan-kekuatan persaingan yang ada dalam industri tersebut.
Hal yang sama juga dapat terjadi pada pengusaha-pengusaha berskala industri rumah tangga, industri kecil dan menengah yang ada di sentra kerajinan mebel di kelurahan Bukir, Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan. Apabila para pelaku usaha yang ada tidak dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi tantangan persaingan ini, maka dikhawatirkan produk-produk mereka tidak akan mampu bertahan dalam menghadapi persaingan dengan produk lain, sehingga akan berdampak pada kelangsungan usaha mereka di masa yang akan datang. Akan terus mempertahankan dan mengembangkan eksistensinya sebagai salah satu sentra yang diunggulkan untuk mencerminkan citra kota pasuruan sebagai kota industri, atau akan makin tenggelam dan menghilang di tengah-tengah ketatnya persaingan. Oleh karena itu, menarik untuk dikaji secara mendalam industri tersebut dan pengaruhnya terhadap strategi pemasaran pada industri rumah tangga, kecil dan menengah di sentra kerajinan mebel tersebut.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, maka dapat dirumuskan masalahnya sebagai berikut:
1. Faktor-faktor Apa saja yang mempengaruhi persaingan dalam industri yang ada pada sentra kerajinan mebel di kelurahan bukir, Kecamatan Gadingrejo kota Pasuruan?
2. Bagaimana pengaruh faktor-faktor persaingan dalam industri tersebut terhadap strategi pemasaran industri rumah tangga, industri kecil dan menengah pada sentra kerajinan mebel di kelurahan Bukir, kecamatan Gadingrejo kota Pasuruan?

1.3 Tujuan Penelitian
Sesuai dengan rumusan masalah yang telah dijabarkan, maka tujuan penelitian ini adalah:
1. Untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi persaingan dalam industri yang ada pada sentra kerajinan mebel di kelurahan bukir, kecamatan Gadingrejo kota Pasuruan
2. Untuk menjelaskan pengaruh faktor-faktor persaingan dalam industri tersebut terhadap strategi pemasaran industri rumah tangga, kecil dan menengah pada sentra kerajinan mebel di kelurahan Bukir, kecamatan Gadingrejo kota Pasuruan

1.4 Manfaat Penelitian
1. Bagi perusahaan: Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi perusahaan, serta lembaga terkait dalam mempertimbangkan kekuatan faktor-faktor yang mempengaruhi persaingan sebagai bagian dari perumusan strategi pemberdayaan UKM.
2. Bagi Fakultas Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai wacana untuk penelitian selanjutnya dan menambah wawasan tentang faktor-faktor persaingan yang mempengaruhi kemampulabaan dalam industri.
Bagi Penulis Penelitian ini diharapkan dapat memberikan tambahan wawasan, pengetahuan, ketrampilan menulis yang relevan untuk meningkatkan kompetensi, ketrampilan, kecerdasan intelektual, dan emosional.

Pencarian hari ini:
journal industri kecil dan menengah - pengaruh industri rumah tangga dalam hal budaya indonesia - jurnal pemasaranpersaingan - jurnal pemasaran industri - jurnal penelitian persaingan - faktor faktor yang mempengaruhi pemasaran - jurnal asing tentang industri kecil dan industri rumah tangga - pengaruh persaingan terhadap laba - jurnal pemasaran tentang strategi persaingan persaingan - industri kerajinan dan analisa penetapan harga - industri mebel - jurnal persaingan dalam pemasaran - makalah strategi pemasaran - jurnal hasil penelitian tentang persaingan pemasaran - jurnal tentang persaingan dalam pemasaran - jurnal strategi pemasaran - pemasaran dalam industri - persaingan industri kecil rumah tangga - mebel pasuruan - jurnal penelitianpersaingan - Judul makalah Analisi aspek pemasaran usaha kecil mebel - strategi persaingan - jurnal tentang persaingan pemasaran - strategi pemasaran dalam persaingan bisnis - contoh makalah pasar faktor produksi - Persaingan jurnal penelitian - jurnal penelitian persaingan dalam pasar - aspek persaingan industri - makalah sistem informasi akuntansi sia - analisis industri dan pesaing - persaingan dalam pemasaran - latar belakang indusri rumah tangga - latar belakang penelitian industri - persaingan pemasaran - jurnal persaingan pemasaran - jurnal skripsi teknik industri - strategi pemasaran di era pasar global - pengaruh budaya terhadap industri rumah tangga - strategi porter - latar belakang hubungan produk antara harga dalam kegiatan pemsaran - jurnal persaingan perusahaan - jurnal pemasaran asing - FAKTOR PEMASARAN PADA USAHA KAYU MEBEL - jurnal industri kecil di indonesia - MAKALAH STRATEGI PEMASARAN - contoh perusahaan persaingan sempurna di indonesia - contoh pendahuluan skripsi pemasaran - jurnal pemasaran strategik - ANALISIS SYSTEM INFORMASI TENTANG MEBEL - kondisi industri mebel di indonesia - makalah SDM stategi pemasaran - strategi pemasaran contoh pada perusahaan - jurnal asing pemasaran global - makalah analisis persaingan bebas - studi industri mebel - analisis perusahaan mebel - Faktor persaingan pemasaran - penelitian pemasaran - pasar faktor produksi - latar belakang industri - penelitian tentang strategi pemasaran - MAKALAH KELANGSUNGAN INDUSTRI KERAJINAN - jurnal pemasaran global - makalah pemasaran - SKRIPSI USAHA KECIL MENENGAH - strategi ukm dalam persaingan usaha - setrategi bersaing pada UKM dalam pasar global - pemasaran pada perusahan - Analisis industri pesaing - makalah ekonomi perusahan faktor yang mempengaruhi harga - hambatan terhadap implementasi strategi - masalah usaha mebel - skripsi dampak lingkungan industri rumah tangga - contoh jurnal pemasaran - strategi pemasaran - contoh makalah tentang aspek perpajakan dalam kegiatan bisnis - persaingan industri kecil dengan industri besar - pengaruh strategi pemasaran - Mebel pasuruan - contoh posisi produk dalam pemasaran - makalah tentang latar belakang strategi pemasaran - makalah pengaruh struktur sosial terhadap industri - contoh makalah strategi pemasaran produk - persaingan industri - persaingan industri mebel - aspek pemasaran - contoh makalah bisnis perusahaan rumah tangga - jurnal pemasaran sosial - jurnalpemasaran - jurnal keunggulan bersaing produk - persaingan bisnis bidang pemasaran - pengaruh sosial budaya pada kegiatan bisnis di indonesia - persaingan dalam industri - skripsi akutansi pengaruh faktor-faktor - pemasaran mebel - tentang bukir - judul makalah pemasaran - ukm skripsi jurnal - faktor yang menjadi hambatan dalam usahanya dan cara mengatasinya - contoh makalah penelitian - faktor-faktor persaingan sempurna - faktor-faktor negara berkembang - - analisis aspek pemasaran perusahaan mebel - sentra industri mebel indonesia - makalah aspek sosial dalam masalah remaja 2008 - pengaruh Usaha kecil dan menengah - contoh skripsi pemasaran dari bab 1 2 3 4 5 - juduL makaLah pemasaran ritel - makalah tentang informasi pemasaran - jurnal penelitian pemasaran - makalah pemasaran barang - makalah dampak industri bagi ukm - industri dan pesaing - makalah bauran pemasaran produk - contoh makalah UKM - makalah produksi dalam perusahaan - jurnal budaya perusahaan - tentang mebel - makalah pemasaran global - faktor-faktor dalam sistim pemasaran - makalah industri kerajinan - sistem informasi kota pasuruan - strategi perusahaan jurnal - hambatan strategi pemasaran - menejemen usaha mebel - mengapa ada persaingan dalam dunia pemasaran - contoh kasus persaingan perusahaan manajemen pemasaran - makalah jurnal pemasaran - faktor lingkungan pemasaran dalam suatu perusahaan - contoh skripsi teknik industri - jurnal strategi penetapan harga - Faktor Persaingan Bisnis - makalah tentang perusahaan impor kayu - contoh pasar persaingan tidak sempurna - Contoh makalah analisis pemasaran suatu produk - stategi pemasaran - latar belakang tentang mebel - data strategi pemasaran untuk meningkatkan laba - CONTOH JURNAL LINGKUNGAN - makalah pemasaran sosial - faktor-faktor persaingan laba - skripsi pemasaran mebel - skripsi manajemen strategi untuk ukm - contoh pendahuluan - jurnal industri kecil - makalah ekonomi industri - skripsi mengenai pangsa pasar - jurnal strategi - makalah pasar persaingan sempurna pdf - faktor persaingan - contoh strategi pemasaran - makalah pemasaran produksi - analisis ukm - CONTOH MAKALAH BAB 1 - skripsi pemasaran strategik - faktor-faktor sosial budaya dalam bisnis - Contoh kasus strategi pasar - Latar belakang pemasaran - persaingan perusahaan industri - contoh makalah strategi harga barang industri - related:www scribd com/doc/1460717/Jurnal-Terakreditasi-2006 - contoh makalah perpajakan - makalah tentang strategi barang industri - jurnal strategi bisnis 2007 - latar belakang pemasaran - analisis industri ukm makalah - makalah ukm - daftar judul skripsi teknk industri 2007 - makalah analisis usaha - jurnal tentang faktor-faktor yang mempengaruhi daya saing pasar - manajemen strategik pengaruh persaingan - implementasi strategi struktur pasar - analisis aspek industri - makalah Strategi pemasaran - contoh makalah analisis persaingan global - makalah produk mebel - jurnal strategis - makalah tentang industri - jurnal perusahaan industri - analisa mebel - pengaruh pemasaran pada pt - contoh makalah pemasaran - makalah sdm tentang pemasaran global - strategi pemasaran perusahaan - persaingan sempurna - contoh pendahuluan makalah mengenai pemasaran - strategi pemasaran perusahaan mebel - contoh makalah produksi - strategi keunggulan bersaing dalam pemasaran - pendahuluan makalah industri tahun 2008 - pengaruh sistem informasi manajemen dalam usaha kecil menengah - industri mebel indonesia - MAKALAH ANALISIS LINGKUNGAN USAHA - analisa pesaing dalam usaha - contoh judul skripsi manajemen pemasaran - contoh makalah strategi pemasaran - contoh perusahaan pasar persaingan sempurna - jurnal : keunggulan bersaing - makalah usaha kecil - contoh makalah tentang struktur pasar - makalah sistem informasi manajemen - contoh skripsi manajemen pemasaran - makalah pasar persaingan sempurna - contoh persaingan bisnis - contoh makalah struktur pasar - penelitian tentang industri kecil di indonesia - makalah strategi perusahaan - contoh makalah pemasaran global - industri global yang mempengaruhi strategi perusahaan - makalah tentang sosial - makalah pemasok manajemen strategik - skripsi pemberdayaan industri kecil - masalah sosial dalam industri - contoh makalah pasar persaingan sempurna - makalah strategi bersaing - Pengaruh Budaya terhadap manajemen - jurnal persaingan di pasar global - jurnal pemasaran ritel - makalah pemasaran produk - faktor-faktor yang dipilih dalam suatu usaha - JURNAL STRATEGI PEMASARAN - strategi pemasaran umkm - makalah tentang industri rumah tangga - contoh makalah - Jurnal strategi - JURNAL BAURAN RITEL PDF - jurnal strategi bisnis perusahaan - Contoh latar belakang usaha - hambatan pemasaran global - faktor-faktor budaya dalam pemasaran global - skripsi ekonomi industri - prosedur pemasaran hasil usaha mebel - makalah penelitian usaha kecil menengah - Makalah Dalam Pemasaran - contoh makalah MSDM - Jurnal pemasaran global - makalah pasar global pdf - persaingan harga manajemen pemasaran - makalah strategi tentang produk untuk barang industri - makalah kegiatan pemasaran - makalah industri kayu - persaingan perusahaan - strategi harga barang industri - makalah lingkungan perusahaan - makalah strategi pemasaran barang industri - contoh jurnal menejemen pemasaran - contoh kasus strategi pemasaran produk - makalah tentang usaha kecil dan menengah - strategi sistem informasi dalam perusahaan 5 daya porter - makalah tentang strategi SI dalam perusahaan - judul skripsi teknik industri - faktor-faktor terjadinya negara berkembang - Industri Kecil di Indonesia - makalah SDM - makalah usaha kecil bidang kerajinan - contoh skripsi management pemasaran - pemasaran global - Pengaruh Industri - kasus yang terjadi dalam pasar persaingan sempurna - makalah penelitian usaha mebel - jurnal industri rumah tangga jakarta - pdf jurnal industri rumah tangga jakarta - Analisis Pengaruh UKM - skripsi teknik industri free - jurnal laba UKM - contoh makalah sistem informasi manajemen - makalah usaha mebel - contoh skripsi pemasaran barang - makalah manajemen strategi - makalah persaingan industri - sistem informasi manajemen mebel - dampak pemasaran global - contoh makalah manajemen pemasaran - persaingan di pasar global - jurnal skripsi ekonomi industri - makalah ritel - pasar persaingan sempurna - analisis lingkungan bisnis di indonesia - makalah lingkungan pemasaran industri - jurnal pemasaran manajemen - makalah pengembangan UMKM - strategi harga produksi industri - cara menghadapi persaingan produksi secara global - analisa aspek pasar dan pemasaran - makalah telkom flexi classy - contoh makalah management strategi - makalah tentang UKM - Aspek Pemasaran produk doc - SIM dalam manajemen pemasaran - analisis industri dan struktur pasar - latar belakang masalah skripsi teknik industri - MAKALAH ANALISA LINGKUNGAN USAHA - penelitian tentang industri kerajinan rumah tangga di indonesia - contoh skripsi tentang masalah ekonomi global - UKM MEBEL - contoh makalah yang dihadapi di negara berkembang - contoh pasar persaingan sempurna - contoh persaingan bebas - jurnal teknik industri - makalah ekonomi tentang pasar persaingan sempurna - pemasaran untuk produk kecil - makalah pemasaran tahu - faktor-faktor yang mempengaruhi omset usaha - contoh latar belakang suatu makalah - persaingan memasarkan prodak - makalah Dampak lingkungan - Makalah mengenai pemasaran - makalah analisis aspek pemasaran - jurnal daya saing strategis - MAKALAH:DAMPAK INDUSTRI - makalah-makalah managemen strategi - contoh faktor sosial dan budaya - manajemen pemasaran pada perusahaan - contoh jurnal skripsi - persaingan perusahaan dalam industri - implementasi strategi pasar perusahaan - makalah menghadapi persaingan - startegi persaingan - contoh skripsi masalah sosial - faktor - faktor produksi yang baik - Tantangan dan Masalah yang Dialami Para Industri Ritel - Makalah tentang UKM di indonesia - strategi ekspor pemasaran global perusahaan kayu - sistem informasi manajemen makalah - makalah tentang perusahaan - makalah budaya perusahaan - contoh jurnal strategi pemasaran - contoh kasus dalam sistem informasi manajemen - hasil penelitian strategi pemasaran dalam perusahaan - contoh makalah tentang Remaja PDF - persaingan industri tidak sempurna - faktor yang mempengaruhi keunggulan bersaing - Jurnal Hasil penelitian tentang pemasaran - contoh kasus kegiatan bisnis indonesia - makalah tentang UMKM - persaingan sosial - makalah sistem informasi manajemen perusahaan - pemasaran dalam ukm - pengaruh AFTA pada ekonomi indonesia - makalah hubungan management industri dengan proses industri - Sistem Informasi Akuntansi pada UKM - makalah persaingan usaha - contoh skripsi sim pada perusahaan - manajemen strategik dalam industri - keunggulan persaingan - jurnal pasar sempurna - Strategi perusahaan dalam menghadapi pesaing - contoh jurnal skripsi manajemen pemasaran - pdf*jurnal manajemen strategi - contoh latar belakang penelitian - makalah manajemen industri kasus -


EmoticonEmoticon