BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Dimasa sekarang ini, seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat, dan semakin tingginya tingkat persaingan antar perusahaan yang sangat ketat, sehingga setiap perusahaan dituntut untuk mampu bersaing dan mengatur strategi yang efektif dalam persaingan global. Persaingan yang begitu tajam inipun tidak dapat dihindari lagi oleh perusahaan-perusahaan berskala besar maupun kecil.
Agar perusahaan dapat berkembang dan bertahan terus diperlukan pengelolaan usaha yang baik serta berusaha mengembangkan aktivitasnya. Pengelolaan yang baik disini meliputi bidang-bidang keuangan, sumber daya manusia (personalia), produksi dan pemasaran.
Pemasaran (marketing) telah menjadi subyek yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari sejalan dengan semakin berkembangnya perekonomian. Pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran. Tanggung jawab pokok seorang manajer pemasaran adalah melakukan analisis pasar, merencanakan dan melaksanakan program-program pemasaran, melakukan pengawasan dan evaluasi untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya.
Salah satu upaya agar produk yang dihasilkan dapat diterima konsumen adalah dengan melaksanakan promosi secara tepat dan terpadu sesuai dengan situasi dan kondisi perusahaan itu sendiri.
Kegiatan promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti : advertising, personal selling, sales promotion, dan publisitas.
Promosi merupakan salah satu unsur dalam bauran pemasaran (marketing mix) yang bertujuan untuk menginformasikan, mempengaruhi, membujuk dan mengingatkan pelanggan atau konsumen tentang sasaran perusahaan dan bauran pemasarannya. Bauran promosi adalah kombinasi yang paling baik dari variabel-variabel periklanan, penjualan personal, promosi penjualan dan hubungan masyarakat yang kesemuanya direncanakan untuk mencapai tujuan.
Strategi adalah rencana yang luas, menyeluruh, dan terpadu yang menghubungkan keunggulan-keunggulan strategis perusahaan, untuk menghadapi berbagai tantangan yang muncul dari lingkungan perusahaan baik intern maupun ekstern.
Strategi promosi (strategi bauran promosi) sangat penting pengaruhnya terhadap penjualan perusahaan, strategi promosi adalah perencanaan, implementasi dan pengendalian dari komunikasi organisasi dengan pelanggan dan target pendengar yang lain. Strategi bauran promosi mengkombinasikan periklanan, penjualan personal, promosi penjualan dan hubungan masyarakat menjadi program yang terkoordinasi untuk berkomunikasi dengan pembeli/pelanggan dan pihak lain yang terlibat dalam keputusan pembelian, strategi bauran promosi meliputi keputusan dalam tujuan komunikasi, anggaran promosi dan ketentuan berbagai komponen dalam bauran promosi.
Perusahaan bordir “Voxi-73” Pandaan Pasuruan merupakan perusahaan yang bergerak dalam seni bordir. Dalam menghadapi era globalisasi yang sudah dekat, Perusahaan bordir “Voxi-73” Pandaan Pasuruan melalui strategi bauran promosi untuk meningkatkan penjualan.
B. Perumusan Masalah
Dari uraian di atas dapat dibuat perumusan masalah sebagai berikut : “Apakah bauran promosi yang efektif dapat meningkatkan volume penjualan?”
C. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat hubungan dan pengaruh antara advertising, personal selling, sales promotion dan publisitas terhadap volume penjualan.
D. Kegunaan Penelitian
1. Bagi perusahaan
Digunakan sebagai bahan masukan perusahaan, dalam merencanakan dan melaksanakan program promosi, sehingga pada akhirnya perusahaan dapat meningkatkan volume penjualan dimasa akan datang.
2. Bagi peneliti
Digunakan sebagai langkah awal bagi peneliti untuk mengembangkan dan menerapkan pengetahuan berupa teori-teori yang diperoleh dibidang pemasaran khususnya berkaitan dengan masalah yang menjadi obyek penelitian.
3. Bagi pihak akademisi
Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi sumber informasi yang selanjutnya dapat dijadikan dasar masukan bagi penelitian selanjutnya.
Home
jurnal
PENGARUH STRATEGI BAURAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN BORDIR “VOXI-73” PANDAAN PASURUAN
PENGARUH STRATEGI BAURAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN BORDIR “VOXI-73” PANDAAN PASURUAN
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Laris
-
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS II SMU LAB SCHOOL JAKARTA TIMUR SKRIPSI Diajukan Kepada Fa...
-
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN PADA IKLAN FLEXY FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT TAHUN 2009 BAB ...
-
Kronologi Berdirinya Suporter Ultras di Luar Negeri - Ultras diambil dari bahasa latin yang mengandung artian 'di luar kebiasaan'...
-
Untuk menjaga berat badan agar tetap dalam batas ideal dan normal, bisa mempertimbangkan 10 tip berikut : Timbang berat badan setiap mi...
Label
Alam
Anak
Anak Pintar
Analisa Skripsi
Anallisa
Android
Aplikasi
Apple
Arti Jilbab yang Sesungguhnya
Atrix
bahagia
Baju Muslim
Bantuan
Barbie
Belajar
Belajar Sehat
Beli
Berbagi Skripsi
Berbusana
Bibir Sehat
bioaktif
Black
Bruised
Buah Jeruk
Budaya
Buku skripsi
Busana
Cara Curang
Care
Charm
Classic
Cokelat
Competition
contoh makalah
Contoh Skripsi
Daftar Pustaka
Daftar skripsi Manajemen Pemasaran
Daftar skripsi Manajemen Sumber Daya Manusia
Dell
Desain Pakaian
Designer
Download Skripsi
Dressing
Eksim
Email
Enlightenedit
ericsson
Face
Facebook SMS
Fashion
Flahdisk
gadget
Gambar Cantik
Gaya
Gaya Hidup
Googele skripsi
Google
GPS
Gratis
Green Tea
Hadiah
Handphone
Hape Cewek
healthy
Heather
Hemat
Hidup
Hidup Sehat
Id Blog Network
Ilmu Hukum
Ilmu Kedokteran
Indosat Mobile
Industry
Influenced
iPad Apple
Judul Proposal
Judul Skripsi
jurnal
Jurnal Manajemen
KaMario Bros
Kamera Digital
Kanker Payudara
Kaos Anak
Kata Bijak
Kate Middleton
Kecantikan
Kenakalan Remaja
Keselamatan
Kulit
Kumpulan Skripsi
Lady
Learn
Lee Seung Gi
Lembah
Lenovo
Makalah
Memasak
Mengatasi Punggung Pegal
Mengatasi Sakit Menstruasi
Mengatasi Stres
Merawat Mata
Merawat Wajah
Micromax
Mobile
montage
Morris
Motifasi
Motorola
Muslimah
Natural
Nevis
Nokia
Nokia N97 Mini
Olahraga
Only
Oppo
Orangtua
Otak
Pacar
Pakaian
Paket Skripsi
Paraben
Parcel
Pelajaran
Pembuatan Skripsi
Pemesanan Skripsi
Pemuda
Penelitian Skripsi
Perawatan
Permainan
Phone
Phone Tablet
Phones
Planet Mars
Pokémon GO
Ponsel
Price
Prodi Skripsi
Produk Kecantikan
Produk Skripsi
Proposal
PT Shafira Laras Persada
Rahasia Kekasih
Rejimen
Renungan
Reverse
Rilis
Sahabat
Samsung
Sangat
Santa
Sebuah
segar
Sehat
Selebriti
Sepak Bola
Sevenup
Shown
Siklus
Singkat
Skin
Skripsi
Skripsi Akuntansi
Skripsi Ilmu Hukum
Skripsi Kedokteran
Skripsi Komunikasi
Skripsi Manajemen
Skripsi Manajemen Pemasaran
Skripsi Perusahaan
Skripsi Psikologi
Skripsi Sastra Inggris
Skripsi Tesis
Smart
Smartphone
SMS Tahun Baru
Sony
Suporter
Suzuki
Symbian
Tablet
Tablets
Tahun Baru 2011
Tampil
Tampil Cantik
Timnas
Tips
Tips Berhenti Merokok
Tips Biar Suara Bagus
Tips Cantik
Tips Gigi
Tips kecantikan
Tips Kesehatan
Tips Memangil Makluk Halus
Tips Membeli Komputer
Tips Merayu Wanita
Tips Mobile
Tips Sehat
Tips Terapi
Toshiba dynabook Qosmio D710 Desktop
TRANSPORTASI BUSWAY TRANSJAKARTA
Trend
Trend Anak Muda
True
Tsat
Tugas Akhir
Ultras
Undertaking
Wajah
Wanita Hamil
Wanita Karier
Windows
Women
XPERIA
Yahoo
EmoticonEmoticon