BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Dewasa ini perkembangan dunia usaha menciptakan persaingan yang sangat kuat, dimana setiap perusahaan diharuskan untuk berusaha dan dapat menguasai pasar yang seluas-luasnya agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan. Dalam perkembangan dunia usaha ini perusahaan dituntut untuk menampilkan produk yang terbaik dan dapat memenuhi daya beli konsumen. Oleh sebab itu perusahaan harus melaksanakan pola pada manajemen yang profesional dalam operasi perusahaan. Sehingga perusahaan akan dapat mencapai tujuan dan kelangsungan perusahaan akan tetap berjalan. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan meningkatkan volume penjualan. Untuk itu diperlukan suatu strategi yang dilakukan oleh perusahaan yaitu dengan menggunakan peranan advertising yang efektif.
Untuk memperoleh hasil yang diinginkan maka advertising harus dilaksanakan dengan sepenuhnya dalam arti media serta sarana yang digunakan untuk advertising harus sesuai dengan produk yang dihasilkan. Apabila hal ini dilaksanakan dengan baik, maka pihak perusahaan dapat mencapai target penjualan yang ditetapkan.
Apabila kegiatan advertising tersebut tidak dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dalam arti pemilihan media dan sarana yang kurang tepat, maka pihak perusahaan akan rugi karena advertising tersebut tidak akan mengenai sasaran dan tidak berfungsi sebagaimana yang diharapkan. Hal ini akan berpengaruh terhadap volume penjualan yang ditetapkan. Demikian juga apabila perusahaan tidak bisa melaksanakan kegiatan advertising, maka produk yang dihasilkan oleh perusahaan kurang dikenal oleh konsumen, akibatnya perusahaan kurang mempunyai konsumen yang akan memakai produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Yang pada akhirnya volume penjualan tidak sesuai dengan tujuan perusahaan.
Jika dikaitkan dengan volume penjualan, maka advertising mempunyai pengaruh terhadap peningkatan volume penjualan suatu perusahaan. Hal ini merupakan tantangan baik pihak perusahaan untuk mengadakan kegiatan advertising yang efektif. Selain itu kegiatan advertising ini juga sebagai alat untuk bersaing dengan perusahaan sejenis. Bila perusahaan ingin produknya bisa bersaing di pasar, maka salah satu kegiatan pemasaran yang harus dilaksanakan dengan sepenuhnya adalah advertising. Sebagaimana yang diharapkan perusahaan rokok “Kebayak” Nganjuk, untuk meningkatkan jumlah penjualan maka perlu suatu tindakan yang lebih efektif melalui pelaksanaan advertising.
Perusahaan rokok “Kebayak” Nganjuk merupakan perusahaan yang memproduksi rokok. Produksi rokok ini mengandalkan kualitas dan mutu dari perpaduan antara rasa tembakau, cengkeh, dan saos dari rokok tersebut. Dalam menjalankan aktivitasnya, perusahaan rokok “Kebayak” Nganjuk menghadapi permasalahan pada pemasaran hasil produksi, yaitu terbatasnya media dan sarana advertising yang dilakukan perusahaan rokok “Kebayak” Nganjuk selama ini adalah pembagian kalender, stiker label, serta kertas pembungkus yang digunakan oleh perusahaan.
Pemakaian media advertising ini kurang dapat menjangkau konsumen, karena media kalender, stiker dan kertas pembungkus. Jangkauannya hanya terbatas pada pedagang dan pelanggan.
Oleh karena itu penulis mengambil suatu kesimpulan berdasarkan latar belakang masalah bahwa Kurangnya Peranan Advertising yang Efektif Dalam Usaha Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Rokok “Kebayak” Nganjuk.
B. Permasalahan
Dalam melaksanakan aktivitasnya, setiap perusahaan akan menjumpai suatu masalah atau rintangan. Masalah-masalah tersebut dapat menghambat jalannya perusahaan dan hal ini harus segera diantisipasi agar tujuan perusahaan dapat tercapai tidak terkecuali perusahaan rokok “Kebayak” Nganjuk mengalami permasalahan yang dirumuskan yaitu:
“Bagaimana peranan advertising yang efektif agar volume penjualan dapat di tingkatkan”.
C. Tujuan Penelitian
Adalah merupakan sasaran yang akan dicapai dalam melaksanakan penelitian.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah:
1. Untuk mengetahui sebab, akibat dan masalah dari advertising yang diterapkan oleh perusahaan dalam meningkatkan volume penjualan dan hasil penjualan.
2. Ingin mengetahui pengaruh dan hubungan advertising dengan volume penjualan pada perusahaan rokok “Kebayak” Nganjuk.
3. Untuk mencari solusi pemecahan masalah advertising pada perusahaan rokok “Kebayak” Nganjuk guna meningkatkan volume penjualan.
D. Kegunaan Penelitian.
Adapun kegunaan atau manfaat suatu penelitian adalah sebagai berikut:
1. Sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan suatu langkah-langkah yang diambil di dalam memecahkan suatu masalah.
2. Sebagai dasar atau bahan pertimbangan bagi pimpinan perusahaan di dalam pengambilan suatu keputusan dan kebijaksanaan dalam usaha mengatasi suatu masalah yang di hadapi perusahaan, terutama tentang pentingnya advertising.
3. Untuk menambah khasanah bacaan ilmiah sebagai bahan perbangdingan dalam penelitian berikutnya antara pengetahuan teori dengan praktek yang ada di lapangan.
Home
jurnal
PERANAN ADVERTISING YANG EFEKTIF DALAM USAHA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN ROKOK “KEBAYAK” NGANJUK
PERANAN ADVERTISING YANG EFEKTIF DALAM USAHA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN ROKOK “KEBAYAK” NGANJUK
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Laris
-
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS II SMU LAB SCHOOL JAKARTA TIMUR SKRIPSI Diajukan Kepada Fa...
-
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN PADA IKLAN FLEXY FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT TAHUN 2009 BAB ...
-
Kronologi Berdirinya Suporter Ultras di Luar Negeri - Ultras diambil dari bahasa latin yang mengandung artian 'di luar kebiasaan'...
-
Untuk menjaga berat badan agar tetap dalam batas ideal dan normal, bisa mempertimbangkan 10 tip berikut : Timbang berat badan setiap mi...
Label
Alam
Anak
Anak Pintar
Analisa Skripsi
Anallisa
Android
Aplikasi
Apple
Arti Jilbab yang Sesungguhnya
Atrix
bahagia
Baju Muslim
Bantuan
Barbie
Belajar
Belajar Sehat
Beli
Berbagi Skripsi
Berbusana
Bibir Sehat
bioaktif
Black
Bruised
Buah Jeruk
Budaya
Buku skripsi
Busana
Cara Curang
Care
Charm
Classic
Cokelat
Competition
contoh makalah
Contoh Skripsi
Daftar Pustaka
Daftar skripsi Manajemen Pemasaran
Daftar skripsi Manajemen Sumber Daya Manusia
Dell
Desain Pakaian
Designer
Download Skripsi
Dressing
Eksim
Email
Enlightenedit
ericsson
Face
Facebook SMS
Fashion
Flahdisk
gadget
Gambar Cantik
Gaya
Gaya Hidup
Googele skripsi
Google
GPS
Gratis
Green Tea
Hadiah
Handphone
Hape Cewek
healthy
Heather
Hemat
Hidup
Hidup Sehat
Id Blog Network
Ilmu Hukum
Ilmu Kedokteran
Indosat Mobile
Industry
Influenced
iPad Apple
Judul Proposal
Judul Skripsi
jurnal
Jurnal Manajemen
KaMario Bros
Kamera Digital
Kanker Payudara
Kaos Anak
Kata Bijak
Kate Middleton
Kecantikan
Kenakalan Remaja
Keselamatan
Kulit
Kumpulan Skripsi
Lady
Learn
Lee Seung Gi
Lembah
Lenovo
Makalah
Memasak
Mengatasi Punggung Pegal
Mengatasi Sakit Menstruasi
Mengatasi Stres
Merawat Mata
Merawat Wajah
Micromax
Mobile
montage
Morris
Motifasi
Motorola
Muslimah
Natural
Nevis
Nokia
Nokia N97 Mini
Olahraga
Only
Oppo
Orangtua
Otak
Pacar
Pakaian
Paket Skripsi
Paraben
Parcel
Pelajaran
Pembuatan Skripsi
Pemesanan Skripsi
Pemuda
Penelitian Skripsi
Perawatan
Permainan
Phone
Phone Tablet
Phones
Planet Mars
Pokémon GO
Ponsel
Price
Prodi Skripsi
Produk Kecantikan
Produk Skripsi
Proposal
PT Shafira Laras Persada
Rahasia Kekasih
Rejimen
Renungan
Reverse
Rilis
Sahabat
Samsung
Sangat
Santa
Sebuah
segar
Sehat
Selebriti
Sepak Bola
Sevenup
Shown
Siklus
Singkat
Skin
Skripsi
Skripsi Akuntansi
Skripsi Ilmu Hukum
Skripsi Kedokteran
Skripsi Komunikasi
Skripsi Manajemen
Skripsi Manajemen Pemasaran
Skripsi Perusahaan
Skripsi Psikologi
Skripsi Sastra Inggris
Skripsi Tesis
Smart
Smartphone
SMS Tahun Baru
Sony
Suporter
Suzuki
Symbian
Tablet
Tablets
Tahun Baru 2011
Tampil
Tampil Cantik
Timnas
Tips
Tips Berhenti Merokok
Tips Biar Suara Bagus
Tips Cantik
Tips Gigi
Tips kecantikan
Tips Kesehatan
Tips Memangil Makluk Halus
Tips Membeli Komputer
Tips Merayu Wanita
Tips Mobile
Tips Sehat
Tips Terapi
Toshiba dynabook Qosmio D710 Desktop
TRANSPORTASI BUSWAY TRANSJAKARTA
Trend
Trend Anak Muda
True
Tsat
Tugas Akhir
Ultras
Undertaking
Wajah
Wanita Hamil
Wanita Karier
Windows
Women
XPERIA
Yahoo
EmoticonEmoticon