Home » , , » POLA HIDUP SEHAT DENGAN OLAHRAGA NAFAS

POLA HIDUP SEHAT DENGAN OLAHRAGA NAFAS

Pola Hidup Sehat Dengan Olahraga Nafas

A. Pendahuluan
Bernafas adalah kebutuhan sekaligus tuntutan yang vital dalam kehidupan. Namun tidak semua orang mampu mengoptimalkan pernafasannya. Banyak orang mengeluh bahwa badan mereka mudah capek, pegal-pegal, mudah masuk angin, kembung,stress maag, flu, batuk, alergi hingga penyakit menahun seperti jantung atau stroke. Banyak dari kita merasa bingung kenapa semua itu terjadi sedangkan kita selalu makan makanan bergizi, olahraga bahkan mengikuti terapi-terapi kesehatan. Kasus-kasus tersebut sangat umum terjadi dalam kehidupan kita. Hal ini disebabkan karena kita tidak bernafas dengan baik. Bernafas merupakan kegiatan dimana kita melakukan proses menghirup udara, menyebarkannya ke seluruh tubuh lalu mengeluarkan udara yang tidak terpakai atau udara sisa. Udara yang kita hirup tidak semuanya dipakai untuk metabolisme tubuh, hanya oksgen saja. Dan tubuh memiliki mekanisme tersendiri agar hanya oksigen yang masuk ke tubuh. Manusia memerlukan oksigen dalam darah agar sistem metabolisme tubuh berjalan lancar. Selain itu juga untuk menjaga setiap sel agar berfungsi normal. Pernafasan juga membantu proses pembentukan tenaga dari proses pencernaan makanan. Pernafasan juga membantu proses perbaikan sel-sel yang rusak sehingga pada kasus yang berat pernafasan mampu membantu pengobatan akibat adanya sel yang rusak dalam tubuh seperti cedera, stress, badan pegal-pegal dan lain – lain.Untuk menjalankan aktivitas dengan baik kita meerlukan stamina yang prima. Stamina yang menurun ditandai dengan badan yang lemah, lesu dan cepat lelah. Hal ini bisa disebabkan oleh kelelahan fisik seperti kurang tidur, pola makan tidak sehat, kurang istirahat dan kelelahan emosional seperti jenuh, stres dan depresi. Dan pernafasan yang baik akan memberikan asupan oksigen yang cukup sehingga anda lebih mudah mengenali tubuh anda.
Berkenaan dengan uraian di atas, dalam makalah ini lebih lanjut akan diuraikan ( 1 ) Dimensi – Dimensi Konsep Sehat ( 2 ) Macam – Macam Pernafasan Bagi Tubuh ( 3 ) Teknik Pernafasan ( 4 ) Manfaat Olahraga Nafas       ( 5 ) Beberapa Contoh Penyakit Yang Dapat Disembuhkan Dengan Olahraga Nafas.


B. Dimensi – Dimensi Konsep Sehat
Secara umum manusia terdiri dari tiga unsure, yaitu jasadi ( fisiologis ), nafsani ( psikologis ), dan rohani ( spiritual). Manusia bisa dikatakan sehat jika terjadi keseimbangan di antara ketiga unsur tersebut. Beberapa pandangan mengenai kesehatan dari berbagai perspektif dan pandangan yang diketemukan antara lain adalah sebagai berikut :
1.    Sehat dalam Perspektif Kedokteran Modern
Menurut kodokteran modern, yang dimaksud dengan sehat adalah keteraturan atau sinerginya mekanisme biologis organ tubuh. Mereka melihat ini berdasarkan sudut pandang biologi molekuler, suatu cabang yang mengkaji tubuh manusia pada tingkat molekul sel. Sehingga sakit dan penyakit diartikan sebagai proses kegagalan fungsi sel – sel organ tubuh tersebut. Ilmu kedokteran menemukan bahwa penyakit – penyakit yang muncul disebabkan mekanisme sistem pertahanan tubuh kita dirongrong, baik disebabkan oleh virus, bakteri, atau pola  hidup yang tidak teratur.
2.    Sehat dalam Perspektif Psikologi
Sehat dalam perspektif psikologi berarti kesehatan mental. Kesehatan mental adalah kondisi yang memungkinkan perkembangan intelektual, emosi, fisik berjalan selaras dengan lingkungannya. Dengan melihat definisi di atas kita dapat mengetahui bahwa ukuran seseorang dikatakan sehat atau tidak ditentukan oleh norma yang berlaku di masyarakat.
3.    Sehat dalam Perspektif Media Alternatif
Sehat dalam pandangan ini tidak jauh berbeda dengan faham kedokteran holistic ( terpadu ). Orang yang saklit akan memperoleh kesehatannya kembali dengan cara penyembuhan yang beragam. Dengan berjalannya waktu, pandangan  dunia kedokteran modern sedikit demi sedikit mulai bergeser. Mereka melakukan penelitian terhadap cara kerja pengobatan – pengobatan yang telah meberikan sumbangan besar dalam bidang kesehatan, salah satunya dengan membuat formula penggabungan pengobatan tradisional dengan pengobatan modern.

C. Macam – Macam Pernafasan Bagi Tubuh
Pernafasan bisa yang dilakukan dalam keadaan normal diperlukan dalam proses metabolisme yang juga normal. Untuk membangkitkan energi cadangan tubuh diperlukan ekstra metabolisme dengan melakukan ekstra olahraga nafas, diiringi dengan olah gerakan tertentu. Mengoptimalkan oksigen yang masuk dan mengeluarkan karbondioksida ( CO2 ) secara tepat.
Selanjutnya beberapa jenis – jenis pernafasan khusus yang umumnya dikenal adalah sebagi berikut :
1.      Nafas Dada
Pernafasan ini dilakukan dengan cara mnenarik nafas melalui hidung hingga dada mengembang. Untuk fungsi tertentu, terkadang nafas ditahan sementara di dada, kemudian dikeluarkan melalui mulut. Pernafasan nafas dada berfungsi memusatkan hawa panas di dada agar lebih mudah untuk disalurkan pada organ tubuh di sekitarnya seperti kepala dan tangan.
2.      Nafas Diafragma
Berbeda dengan nafas dada, nafas diafragma dilakukan dengan cara menggembungkan otot – otot perut dan dada secara bersamaan setelah oksigen ditarik melalui hudung. Kontraksi otot akan terpusat di sekitar diafragma / ulu hati. Selanjutnya nafas dibuang melalui mulut. Nafas diafragma berfungsi untuk memusatkan hawa panas di ulu hati agar mudah disalurkan ke seluruh tubuh.
3.      Nafas Perut
Berfungsi sebagai gudang, tempat menyimpan hawa panas, sebagai hasil dari bangkitnya energi cadangan tubuh. Pernafasan ini dilakukan dengan cara menarik oksigen melalui hidung sampai daerah perut menggembung. Selanjutnya perut kempis berbarengan dengan keluarnya karbondioksida juga dari hidung.
Ketiga nafas ini biasanya digabungkan dengan gerakan – gerakan harmonis tertentu agar dihasilkan sinergi energi yang diinginkan.

D. Teknik Pernafasan
Berikut ini adalah teknik olahraga pernafasan dengan sederhana antara lain adalah sebagai berikut :
1.      Hiruplah udara sebanyak-banyaknya saat pagi hari sambil berpikir dan berkata bahwa kita adalah orang yang paling beruntung pagi ini dan bersyukurlah. Latihlah teknik ini minimal 11x.
2.      Hindari bernafas terlalu cepat. Bernafas terlalu cepat bisaa terjadi saat marah, jengkel, terburu-buru, takut, gugup, olahraga berlebihan atau beraktivitas berat. Latihlah pernafasan setenang                   mungkin. Beri waktu tubuh anda untuk menghirup udara hingga mengeluarkannya minimal setengah menit untuk setiap tarikan nafas.
3.      Beri tempat yang cukup untuk udara pernafasan
jika kita terlalu kenyang, ruang untuk udara dalam lambung makin sempit. Lambung berisi tiga hal yaitu makanan, minuman dan udara. Jika makanan atau minuman kita terlalu banyak, udara akan terdesak. Pernafasan anda terganggu meski anda tidak menyadarinya. Volume udara yang anda hirup sedikit berkurang. Udara yang terdesak tidak mampu mengalir dengan baik ke setiap sel atau darah. Akibatnya akan menderita sakit lambung, radang pencernaan, mudah lelah, pusing atau mual.
4.      Olahraga teratur olahraga teratur akan melatih pernafasan. Mulailah dengan porsi latihan ringan yang tidak memberatkan pernafasan anda. Tanda anda merasa berat adalah nafas yang tersengal-sengal saat olahraga. Ini diakibatkan olehraga yang mendadak, tidak teratur dan langsung mengambil porsi berat. Jalan kaki adalah olahraga paling tepat untuk melatih pernafasan.
5.      Disiplinkan ibadah saat beribadah sholat, membaca al quran atau ibadah lain yang inti kegiatannya adalah kontemplasi, merupakan cara terbaik melatih pernafasan. Keadaan kontemplasi menstimulasi masuknya udara ke dalam sistem pernafasan secara teratur. Sel-sel tubuh juga dalam kondisi paling siap untuk melakukan regenerasi dengan mengganti oksigen lama dengan yang baru. Semua organ tubuh khususnya jantung, paru-paru dan otak menjadi organ yang paling diuntungkan dengan teknik ini. Hal ini disebabkan karena keadaan kontemplasi memberi mereka sehat dari aktivitas yang terlalu berarti. Tentunya ini akan dicapai jika keadaan daerah kontemplasi tenang, jauh dari kebisingan. Hal lain yang membantu proses ini adalah kesiapan untuk sejenak meninggalkan rutinitas dan hal-hal lain untuk masuk dalam situasi kontemplasi ini yang bisa disebut khusyuk.

E. Manfaat Olahraga Nafas
Penyakit tubuh sebenarnya merupakan gangguan fungsi tubuh tertentu yang terjadi pada tingkat sel. Penyebabnya bisa bermacam – macam di antaranya : masuknya virus atau bakteri ke dalam sistem tubuh, penurunan kekebalan / antibodi yang berakibat matinya sel. Penuaan misalnya, disebabkan oleh terganggunya proses respirasi / pernafasan sel yang berlangsunng di mitokondria   ( organ respirasi sel ). Penyebab lainnya berupa rusaknya jaringan atau organ tubuh karena benturan dari luar, ini pun bisa kita sebut dengan penyakit.
Secara alamiah tubuh mempunyai sistem kekebalan kemampuan untuk menolak atau membunuh unsur – unsur yang merugikan dan kemampuan untuk meregenerasi sel. Salah satu teknologi alternatif untuk mencegah timbulnya penyakit dan membiasakan hidup sehat adalah dengan melakukan olahraga pernafasan.
Menarik nafas dalam-dalam, seperti yang lazim dilakukan pada olahraga pernapasan, sebenarnya merupakan suatu sarana yang membantu tubuh untuk mengubah udara yang dihirup menjadi energi. Aliran udara berenergi ini mampu menghasilkan tenaga dalam yang akan disebarkan ke seluruh bagian tubuh. Efeknya / manfaat dari olahraga nafas adalah sebagai berikut :
1.      Media pencegah penyakit
Dengan peningkatan energi yang diperoleh dari hasil olahraga nafas maka proses regenerasi sel – sel yang rusak ataupun menghidupkan sel – sel yang masih tidur bisa ditingkatkan. Begitupun sistem kekebalan tubuh akan meningkat drastis. Hasilnya akan sangat sulit bagi tubuh kita untuk terkena penyakit.
2.      Mengobati penyakit dalam tubuh
Energi yang besar hasil olahraga nafas secara otomatis meningkatkan kemampuan sistem tubuh, membunuh virus atau bakteri yang merusak sekaligus meregenerasi kerusakan yang timbul.
3.      Meningkatkan derajat kesehatan fisik dan menta
Bila kita perhatikan diri kita atau orang lain di sekeliling kita, ada satu fenomena menarik yang berhubungan dengan ritme pernafasan. Orang dalam keadaan marah, mengamuk, stress, ketakutan, sikap tak sabaran dan sikap mental negatif lainnya, ternyata menunjukkan ritme pernafasan yang tidak teratur, kacau-balau, tersengal-sengal. Begitu halnya olahraga nafas bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan ketegangan otot di seluruh tubuh, menyegarkan kembali pikiran yang lelah.

F. Beberapa Contoh Penyakit Yang Dapat Disembuhkan Dengan Olahraga Nafas
Beberapa contoh penyakit yang dapat disembuhkan dengan olahraga nafas antara lain : jantung, gangguan organ pernafasan, gangguan percernaan, ginjal, sakit kepala, dan penyakit fisik lainnya. Olahraga nafas juga dapat digunakan untuk membuat tubuh menjadi rileks / santai dan mengurangi beban pikiran atau stresss.  Peningkatan energi cadangan tubuh memerlukan jenis pelatihan olahraga nafas yang lebih terpadu dan terarah dan gerakan yang harmonis agar energi tersebut bangkit secara tepat.
Olahraga dengan teknik nafas dada dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit yang berhubungan dengan tubuh bagian atas misalnya jantung, organ pernafasan dan kepala
1.    Jantung
Penyakit jantung dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Bisa diakibatkan kolesterol berlebih, merokok, cacat secara organ, atau stres. Gejalanya sering berupa sakit pada bagian dada kiri sebelah atas, keringat berlebih     ( terutama pada bagian telapak tangan , hidung dan telapak kaki ) dan muncul tekanan darah tinggi. Apapun penyebabnya, pengobatan jantung dapat dicoba disembuhkan dengan menggunakan olahraga nafas dengan teknik nafas dada.
2.    Gangguan Organ Pernafasan
Penyakit saluran pernafasan banyak disebabkan oleh virus atau bakteri sehingga mengakibatkan infeksi saluran pernafasan. Bisa juga karena faktor bawaan. Penyakit ini dapat diobati dengan olahraga nafas dengan teknik nafas dada. Rasakan hawa panas yang terkumpul di dada, pertahankan, kemudian perintahkan hawa mengalir ke daerah dada, punggung, kerongkongan dan hidung. Pengobatan ini dilakukan dua atau tiga kali sehari selama 30 menit.
Banyak kasus yang menunjukkan bahwa gangguan saluran dan organ pernafasan dapat disembuhkan dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Untuk penyakit ringan seperti influenza dan batuk berdahak atau kering hanya memakan waktu empat sampai lima hari. Sedangkan untuk penyakit saluran serta organ pernafasan akut dan kronis dibutuhkan waktu dua sampai empat minggu.
3.    Sakit kepala dan Stres
Persoalan hidup yang semakin kompleks jika tidak diikuti dengan kesiapan dan kemampuan dalam menghadapinya seringkali menimbulkan penyakit – penyakit yang terpusat pada kepala misalnya migrant. Pengobatan yang paling efektif dalam hal ini adalah menghadi kenyataan hidup apa adanya dengan diiringi kepasrahan kepada Allah Swt. Di samping itu, olahraga nafas dapat dimanfaatkan untuk membantu menghilangkan penyakit tersebut.
Usahakan untuk rileks dan santai dalam melakukan pengobatan kemudian gunakan teknik nafas dada. Rasakan hawa yang terkumpul di dada, setelah itu bayangkan hawa naik ke kepala bersamaan dengan pembuangan nafas melalui mulut secara perlahan Lakukan gerakan ini selama 5 – 10 menit. Kemudian lakukan teknik nafas perut, perintahkan agar hawa berpindah dari kepala turun ke perut.
4.    Sakit perut, Maag
Penyakit lain yang dapat  disembuhkan dengan teknik olah nafas adalah penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti sakit perut, maag, infeksi usus, dan radang lambung. Penyakit ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Stres juga bisa memicu munculnya penyakit – penyakit ini.
Untuk pengobatan dan pencegahan, gunakan nafas perut. Awali dengan mengambil nafas dari hidung lalu mengisikannya ke rongga perut hingga kembung. Kemudian, buanglah udara melalui hidung tanpa penahanan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar oksigen yang masuk ke dalam perut tidak tertarik ke daerah dada atau bagian organ bawah yang sakit.

G. Penutup / Kesimpulan
Untuk dapat hidup manusia harus bernafas, tanpa bernafas tidak ada kehidupan di muka bumi ini, baik itu manusia, hewan maupun tumbuh-tumbuhan. Bernafas untuk kehidupan tentu saja berbeda dengan bernafas untuk tujuan penyembuhan dan kesehatan serta untuk tenaga dalam. Bernafas untuk kehidupan dikerjakan secara refleks, sedangkan bernafas untuk penyembuhan dan kesehatan serta tenaga dalam dikerjakan secara sadar dan dengan menggunakan teknik tertentu yaitu dengan melakukan olahraga nafas.
Dengan melatih tiap hari  olahraga nafas, pernafasan akan sangat optimal. Jika setiap hari sel-sel bersinergi dengan baik akibat asupan oksigen yang cukup maka segala penyakit akan menghindari, insyaAllah. Tentunya semua tergantung dari usaha manusia itu sendiri / kemauan diri sendiri untuk disiplin melatih pernafasan, mengikuti pola hidup sehat, mengelola stress dengan baik dan proaktif mendekat pada Tuhan YME Allah Swt, makasehat akan menghampiri hidup kita.

DAFTAR PUSTAKA
Ade, G. 2009. “ Olah Fisik “ http://olahfisik.blogspot.com/ diunduh 2 Januari 2011
Cahyono, B. 2008. Gaya Hidup dan Penyakit Modern. Yogyakarta : Penerbit Kanisius.
Kusmana, D. 1997. Olahraga Untuk Orang Sehat dan Penderita Penyakit Jantung. Jakarta : Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
Maria,U.2009.“ Sehat Dengan Teknik Pernafasan”. http://www.kulinet.com/baca/sehat-dengan-teknik-pernafasan/516/, diunduh 2 Januari 2011
Wiwin K.2009. “ Manfaat Pengolahan Nafas” http://www.flobamor.com/forum/gado-gado-informasi/43312-manfaat-pengolahan-pernafasan.html diunduh 2 Januari 2011
Zainal, D. A. 2005. Sehat Dengan Olah Nafas. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.
Share this article :

1 komentar:

Popular Posts

Your article content…



free html hit counter
Ping your blog, website, or RSS feed for Free Google PageRank by  MyPagerank Kumpulan Lagu Lama

Contact Us:endy.varian@gmail.com
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Endy Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger