Handphone Ramah Lingkungan

MENURUT hasil studi oleh lembaga riset Telefonica O2 yang bermarkas di Inggris, kebanyakan ponsel ramah lingkungan adalah besutan Sony Ericsson dan Nokia. Hasil riset ini dirilis September lalu.

Ponsel Sony Ericsson Elm menduduki urutan pertama di daftar ponsel paling ramah lingkungan, dengan skor eco rating 4,3 dari skor maksimal 5. Sementara ponsel-ponsel lain yang juga ramah lingkungan adalah Nokia 6700 (eco rating 4), Nokia C7 (4), Nokia 1800 (4), Samsung GT-S8500 (4), Sony Ericsson Zylo (4), Sony Ericsson Xperia X10 Mini Pro (4), Sony Ericsson Xperia X10 Mini (4), dan Sony Ericsson Vivaz Pro (3.9).

Sedangkan ponsel-ponsel yang termasuk katagori tidak ramah lingkungan meliputi LG Etna (2,7), Palm Pre Plus (2,7), LG Chocolate (2,9), LG Cookie (2,9), HTC HD2 (2,9), LG GT350 (3,1), LG GW300 Etna 2 (3,1), Samsung C3050 (3,1), dan Sony Ericsson Satio (3,1).

Skor-skor tadi ditetapkan berdasarkan data yang diberikan oleh masing-masing pembuat ponsel. Mulai dari data bahan-bahan yang digunakan, perkiraan umur pakai perangkat, efisiensi energi, serta kemudahan ponsel untuk didaur ulang.



Setiap ponsel akan mendapatkan poin bila memiliki fitur tambahan seperti kamera, atau pemutar musik, sehingga penggunanya tak perlu lagi membeli perangkat elektronik tersendiri. Selain itu, poin-poin juga diberikan berdasarkan kinerja etis perusahaan pembuat ponsel itu, prinsip-prinsip lingkungan, serta standar buruh di jaringan suplai mereka.

“Konsumen sekarang makin menyadari efek sosial dan lingkungan dari teknologi yang mereka beli, dan kami percaya transparansi produk seperti ini akan membantu mereka membuat pililan yang lebih ‘hijau’,” kata Ronan Dunne, Chief Executive O2 kepada Telegraph. ayo


EmoticonEmoticon