PENGARUH DISPLAY TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA BUTIK CHIC CLIQUE

PENGARUH DISPLAY TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA BUTIK CHIC CLIQUE

Tahun 2007
KODE 0608008

Semakin pesatnya perkembangan informasi dewasa ini, mengakibatkan
semakin ketatnya persaingan perdagangan, tak terkecuali terjadi juga pada
perdagangan eceran, seperti halnya butik. Untuk dapat mampu bertahan dalam
persaingan yang semakin ketat ini, butik perlu lebih meningkatkan sistem
pemasaran yang dilaksanakan oleh perusahaan diantaranya adalah display.
Display adalah suatu usaha dari penataan dan penyajian produk yang ditata
semenarik mungkin untuk menarik perhatian konsumen dan meningkatkan minat
beli konsumen. Display yang dilaksanakan oleh Butik Chic Clique yaitu penataan
bagian depan butik (Window Display), penataan bagian dalam butik (Interior
Display), dan penataan bagian luar (Outside Display).

Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh display
terhadap minat beli konsumen pada Butik Chic Clique. Penelitian ini dalam
pelaksanaannya menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu suatu metode
dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu sistem pemikiran
atau suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan mengumpulkan data primer (melalui kuesioner) dan data
sekunder (melalui literatur), uji statistik yang digunakan adalah korelasi rank
spearman.

Hasil Penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan display berdasarkan nilai
rata-rata keseluruhan tentang tingkat penilaian mengenai display pada Butik Chic
Clique yaitu sebesar 3.84, konsumen menganggap display pada Butik Chic Clique
sudah dilaksanakan dengan baik. Sedangkan hasil perhitungan mengenai minat
beli konsumen, diperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 4.02 yang berarti
bahwa minat beli konsumen dinilai tinggi. Selanjutnya nilai korelasi antara
display dengan minat beli konsumen diperoleh sebesar 0.467, hal ini
menunjukkan bahwa hubungannya cukup kuat. Besarnya pengaruh display
terhadap minat beli konsumen sebesar 21.81%, sedangkan sisanya sebesar 78.19%
dipengaruhi oleh faktor lain.

Sekalipun secara keseluruhan display yang dilaksanakan dapat dikatakan
berperan dalam meningkatkan minat beli konsumen, namun hendaknya
pelaksanaan display produk lebih ditingkatkan lagi, mengingat tuntutan pasar
yang selalu berubah, sehingga perlu penyesuaian-penyesuaian, agar mampu
bertahan dalam persaingan yang semakin ketat.


EmoticonEmoticon